Minggu, 13 Mei 2012

Balasan bagi Anak yang Durhaka pada Orang Tuanya

Dalam beberapa artikel sebelumnya telah saya sampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan durhaka pada orang tua. Kali ini saya kembali menyampaikan hal yang masih berhubungan dengan hal tersebut tetapi mengenai balasannya terhadap orang-orang yang berbuat durhaka pada orang tuanya. Mengapa ada balasan ? ya tentu saja, karena durhaka pada orang tua berarti penentangan terhadap perintah Allah SWT yang akan memberikan konsekuensi tertentu.

Simaklah kembali salah satu ayat yang memerintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua, yang artinya :

"Dan rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya". (Q.S. Al-Isra', 17:23)

Berikut adalah beberapa balasan yang akan diterima orang yang durhaka kepada orang tuanya, yang saya sadur dari situs al-manhaj.or.id :

  1. Haram masuk surga - "Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap orang tuanya, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluarganya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)". [H.R. Nasa'i dan Ahmad].
  2. Dimurka Allah SWT - "Keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah pun tergantung pada murka kedua orang tua". (H.R. al-Hakim).
  3. Allah tidak menerima shalatnya - "Allah tidak akan menerima shalat orang dibenci kedua orang tuanya yang tidak menganiaya kepadanya." (H.R. Abu al-Hasan bin Makruf).
  4. Tidak diterima amal kebajikannya - "Ada tiga golongan yang Allah tidak menerima (amal kebajikannya) dari yang sunnah maupun fardu, yaitu durhaka kepada orang tua, orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya, dan orang yang mendustakan takdir." (H.R. Thabrani).
  5. Mendapat "gelar" Kafir - "Jangan membenci kedua orang tuamu. Barang siapa mengabaikan kedua orang tuamu, maka dia kafir." (H.R. Muslim)
  6. Balasan azab dengan segera didunia - al-Hakim dan al-Ashbahani, dari abu bakrah r.a. dari Nabi Saw, beliau bersabda, "setiap dosa akan dilahirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati."
  7. Tidak diampuni dosanya - Dari Aisyah r.a. ia berkata, Rasulullah Saw. Bersabda, "dikatakan kepada orang yang durhaka kepada kedua orang tua, "berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku tidak akan mengampunimu. "Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orang tua, perbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku mengampunimu." (H.R. Abu Nu'aim).
  8. Membatalkan seluruh amal - "Ada tiga hal yang meyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada kedua orang tua, seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu dan jahil." (H.R. Thabrani).
  9. Haram mencium aroma surga - "Sesungguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinya barang siapa yang durhaka dan memutuskan silahturahim." (H.R. Thabrani).
  10. Terputusnya Rezeki - "Apabila seseorang tidak meninggalkan doa bagi kedua orang tuanya, maka akan terputus rezekinya." (H.R. ad-Dailamy).
  11. Dibenci Allah - "Barang siapa ridha kepada kedua orang tuanya, berarti ia ridha kepada Allah. Dan barang siapa membenci kedua orang tuanya, sungguh dia membenci Allah." (H.R. Ibnu an-Najjar).
"Janganlah kamu melihat kecilnya kesalahan, tetapi lihatlah kepada maha besarNya Allah (Dzat) dan kamu tentang." (Az-Zahid, bilal bin Sa'ad).

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

 
;